Khasiat Daun Binahong untuk Lovebird


Daun binahong akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta burung, karena mempunyai beberapa khasiat dalam mengatasi aneka masalah yang dialami burung kicauan. Daun yang bernama latin Anredera cordifolia (ten) Steenis ini bisa diberikan kepada lovebird. Dan kali ini Saya akan jelaskan aneka khasiat daun binahong untuk lovebird.

Untuk burung kicauan seperti lovebird, daun binahong cukup diberikan dalam bentuk mentah saja. Khasiat daun binahong bagi lovebird antara lain:

Mengatasi diare
Tidak hanya manusia, burung lovebird juga dapat terkena diare. Apabila makanan yang diberikan kepada burung lovebird kurang bersih atau udara di lingkungan sedang kotor, serta air pada kandang lovebird jarang diganti, maka dapat menyebabkan diare pada lovebird.

Memulihkan kondisi burung yang lemas setelah perjalanan jauh
Burung lovebird sering diajak perjalanan jauh untuk diajak mengikuti kompetisi kicauan burung. Ketika mengalami perjalanan yang jauh, biasanya burung lovebird dapat menjadi lemas. Untuk mengembalikan kondisi burung lovebird yakni dengan memberikan daun binahong sebagai makanan burung lovebird.

Mengatasi gatal-gatal
Unggas dapat mudah terkena penyakit gatal, karena gigitan serangga kecil seperti kutu. Untuk mengatasi gatal pada burung lovebird bukan dengan krim penghilang gatal seperti manusia. Tetapi dengan mengganti makanan pada burung lovebird, diantaranya adalah dengan ngasih daun binahong untuk lovebird. Penyakit gatal-gatal pada burung lovebird bisa diatasi dan tubuh lovebird dapat menjadi lebih sehat.

Membantu menghangatkan tubuh saat cuaca dingin
Burung termasuk pada jenis unggas, yang memiliki darah hangat. Seperti jenis burung lainnya, lovebird juga memiliki bulu untuk menghangatkan badannya. Tetapi, bukan dari bulunya saja, sebab untuk menghangatkan tubuh, bisa dipengaruhi dari pemberian makanan kepada lovebird. Salah satunya dengan memberi daun binahong agar tubuh lovebird menjadi hangat.

Mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri
Burung juga rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri dapat dengan cepat berkembang pada lovebird, sehingga membuat lovebird sakit. Untuk mengatasinya, burung lovebird bisa diberi makanan berupa daun binahong. Nutrisi daun binahong bisa membantu membunuh bakteri jahat yang menyerang burung lovebird yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit.

Membantu meningkatkan stamina
Memberi binahong ke lovebird dapat membantu meningkatkan stamina pada lovebird. Dengan stamina yang baik, dia akan menjadi lebih aktif dan cenderung tidak sakit.

Menyembuhkan luka
Saat burung lovebird terluka, ada juga penanganan yang harus dilakukan agar luka pada burung lovebird bisa cepat sembuh. Tidak hanya memberikannya binahong sebagai makanan, daun binahong juga dapat digunakan sebagai obat luar. Daun binahong dapat ditumbuh dan dibalurkan pada luka yang terjadi pada burung lovebird. Luka pada lovebird dapat segera sembuh.

Mengatasi cidera
Tidak hanya mengatasi luka pada burung lovebird. Daun binahong juga dapat menyembuhkan cidera pada burung lovebird. Caranya sama dengan menyembuhkan luka, yakni membalurkan tumbukan daun binahong pada lovebird. Selain tanaman daun binahong, mengatasi luka pada lovebird juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan getah binahong. Menerapkan getah binahong pada bagian tubuh burung lovebird yang terluka bisa membantu menyembuhkan luka yang terjadi.

Daun binahong bisa diberikan dengan cara digantung di dalam sangkar, sebagaimana kita memberikan sayuran. Bisa juga diberikan bentuk irisan kecil-kecil yang ditempatkan dalam cepuk pakan, atau dicampur bersama irisan sayur-sayuran yang lain.

Walaupun mempunyai berbagai manfaat, daun binahong pun mempunyai efek kurang baik kalau dipakai secara berlebihan. Ini karena daun binahong mengandung efedrin dalam bentuk zat ephedra. Bila dikonsumsi berlebihan, bisa mengakibatkan over birahi, gangguan otot, konvulsi, detak jantung tidak teratur, dan hilangnya kesadaran. Karena itu, gunakan daun binahong seperlunya, atau hanya diberikan selama masa terapi atau pengobatan.

Beberapa efek memberi terlalu banyak daun binahong pada burung lovebird seperti:
- Detak jantung menjadi tidak teratur
- Menyebabkan kejang
- Hilang kesadaran
- Bisa bikin over birahi
- Menyebabkan gangguan otot

Yang perlu diperhatikan adalah penyediaan daun binahong utuh ke lovebird yang ditangkar atau diternak, biasanya hanya akan dibawa ke gelodok untuk dijadikan sarang. Karena burung yang bertelur biasanya membutuhkan daun dan rumput untuk sarang.

Penting pula Anda ketahui :
- manfaat daun ginseng untuk burung lovebird
- manfaat daun binahong untuk murai batu
- manfaat daun pepaya muda untuk lovebird
- manfaat daun binahong untuk burung kacer
- manfaat daun kemangi untuk lovebird
- khasiat daun binahong untuk kenari

Sumber :
https://omkicau.com/2017/04/22/aneka-manfaat-daun-binahong-untuk-lovebird-tapi-jangan-berlebihan-lho/
http://www.kicau-burung.com/2017/04/manfaat-khasiat-daun-binahong-untuk-lovebird.html
https://manfaat.co.id/manfaat-daun-binahong-untuk-lovebird

Tag : daun binahong, khasiat daun
Back To Top