Manfaat Daun Mengkudu untuk Kenari


Manfaat daun mengkudu untuk kenari ini adalah sebagai salah satu pakan tambahan dan ini belum banyak di kenal oleh para kicau mania. Jadi selain kaya manfaat untuk manusia, daun mengkudu muda juga berguna untuk burung kenari.

Salah satu manfaat memberikan daun mengkudu kepada kenari adalah untuk memperlancar sirkulasi darah di tubuh. Mesti diketahui bahwa dalam daun mengkudu itu terdapat kandungan fitnutrein seperti scopoletin yang berfungsi untuk mengatasi masalah pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Selain itu daun mengkudu juga terbukti cukup ampuh untuk membantu sistem pencernaan. Bukan tanpa alasan hal ini disebabkan kandungan senyawa dalam daun mengkudu yang merangsang serotonin dari otak. Serotonin sendiri memainkan peran penting untuk mengatur laju makanan di usus dan juga mengatur sistem pencernaan.

Selain mempercepat darah siruklasi dalam tubuh dan memperlancar pencernaan makanan. Daun mengkudu di percaya oleh kicaumania memiliki manfaat lain seperti membantu menjaga stamina pada burung kenari, membantu kenari menjadi lebih gacor dan rajin bersuara, bisa juga mengobati serak sehingga bunyi akan lebih jernih. Selain itu, daun kenari juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan dan juga mengobati beberapa penyakit, menjaga stamina tubuh agar lebih fit, menjaga tubuh agar terhindar dari obesitas dan tekanan darah tinggi serta sebagai obat anti alergi.

Setelah mengetahui berbagai manfaat daun mengkudu maka bagaimana cara memberi daun mengkudu ini pada burung kenari? Sebenarnya caranya hampir sama dengan penambahan pakan lain untuk kenari seperti daun sawi atau sayuran lainnya.

Yang membedakan cara pemberian daun mengkudu dengan sayuran lainnya adalah sebelum memberi daun mengkudu Anda harus memilih daun mengkudu muda yang cirinya dari warna yang masih terlihat hijau segar dan biasanya terletak di ujung tangkai daun. Sebelum diberikan ke kenari Anda juga harus terlebih dahulu membersihkan dengan air. Setelah itu Anda bisa menggantungkan daun muda mengkudu di dalam sangkar kenari.

Untuk kenari yang tidak mau makan atau tidak doyan daun muda mengkudu, dapat kita gunakan dengan air matang, dengan mengambil 2 atau 3 lembar daun mengkudu muda yang bersih, dan kita rebus dengan 1 atau 2 gelas air, lalu dinginkan. Setelah dingin kita bisa menggunakan air secukupnya untuk minumnya. Atau kita merebus air sebanyak 1 atau 2 gelas, setelah mendidih kita ambil, masukan daun mengkudunya yang sudah dicuci, diamkan sampai airnya dingin / tidak panas, dan air siap untuk kita berikan ke kenari.

Kesimpulannya, daun mengkudu sangat bermanfaat buat kenari, khususnya untuk :
- Menstabilkan tekanan darah dan menormalkan tekanan darah
- Sebagai anti inflamasi
- Membantu sistem pencernaan
- Membantu menjaga stamina kenari
- Mengobati penyakit tenggorokan,
- Membantu kenari lebih rajin berbunyi,
- Membersihkan suara serak sehingga menjadi lebih jelas,
- Menjaga tubuh burung tetap bugar dan terhindar dari kegemukan,
- Meningkatkan daya tahan,
- Meningkatkan volume kenari,

Itulah beberapa manfaat daun mengkudu buat kenari beserta cara memberikan atau meraciknya dengan porsi tepat menjadi makanan atau minuman kenari.

Sumber :
http://www.burungkenari.com/2017/03/daun-mengkudu-untuk-kenari.html

Back To Top