Manfaat Daun Mengkudu untuk Kacer


Puluhan manfaat daun mengkudu untuk kacer yang bisa Anda peroleh jika Anda memberikan ramuan daun mengkudu untuk burung kesayangan Anda. Manfaat tersebut diantaranya adalah :
- menyembuhkan serak
- meningkatkan volume suara
- menjadikan burung kicau cepat gacor
- mengatasi suara yang ngeriwik agar cepat ngeplong
- membuat burung lebih rajin berkicau dan bersuara lebih nyaring
- melancarkan fungsi pencernaan
- meningkatkan kesuburan indukan
- membuat telur burung lebih besar
- meningkatkan daya tetas telur
- mempercepat umur dewasa kelamin burung
- mengobati sakit tenggorokan
- menjaga stamina burung
- mengurangi stres
- memberi rasa tenang dan nyaman pada burung
- mengatasi burung yang gemukan atau obesitas
- memiliki sifat anti alergi untuk mengusir berbagai jenis gejala alergi

Cara memberi daun noni bisa dengan 4 cara yakni :
- digantung
- ditumbuk
- direbus
- dikasih ke jangkrik

Daun mengkudu digantung di kandang
Anda cukup mengambil daun mengkudu muda, lalu bersihkan dengan air, dan gantung di kandang. Anda bisa memberikan daun mengkudu untuk terapi kesehatan burung. Jadi, berikan 2-3 kali selama satu minggu, bukan setiap hari.

Daun mengkudu ditumbuk
Anda hanya membutuhkan tiga lembar daun mengkudu muda (warna hijau kekuning-kuningan). Setelah itu, hancurkan daun sampai halus. Lalu, tuangkan air mineral sambil diperas dan jus noni diberikan kepada burung Kacer.

Daun mengkudu direbus
Daun mengkudu juga bisa direbus. Caranya, siapkan tiga lembar daun mengkudu muda. Selanjutnya, tambahkan dua gelas air dan rebus sampai airnya menjadi setengah gelas atau segelas. Setelah itu, dinginkan sebentar tapi jangan ditaruh dalam kulkas. Jika sudah dingin, berikan pada burung Kacer sebagai minuman.

Untuk mengatasi kegemukan pada burung kacer, buah noni dan daun mengkudu direbus bersama potongan gula merah. Jika air mendidih dan berubah warna, segera angkat dan tiriskan. Setelah dingin, air matang dicampur dengan 1 sendok makan madu. Saring dan berikan pada burung yang gemuk.

Untuk mengatasi serak, ambil daun mengkudu muda secukupnya. Selanjutnya, cuci daunnya terlebih dahulu lalu rebus dalam wajan. Tunggu sampai airnya tersisa setengah panci lalu saring dan dinginkan. Setelah dingin, berikan kepada burung yang serak sebagai pengganti air minum.

Daun mengkudu diberikan ke jangkrik
Cara yang satu ini sedikit berbeda, karena daun mengkudunya diberikan kepada jangkrik terlebih dahulu sebagai makanan jangkrik. Setelah itu, jangkrik yang sudah memakan daun mengkudu diberikan kepada burung. Jadi, pada intinya burung tidak makan daun mengkudu secara langsung, tetapi melalui perantara jangkrik.

Itulah manfaat rebusan racikan dan cara pemberian daun mengkudu muda untuk kacer, murai batu, lovebird dan cucak ijo. Jika Anda butuh pakan burung kacer, bisa dilihat-lihat dan klik di sini.

Sumber :
https://burungnya.com/16-manfaat-daun-mengkudu-atau-pace-untuk-burung-kicau-serta-4-cara-pemberiannya/
https://omkicau.com/2018/01/28/ramuan-mengkudu-untuk-mengatasi-kegemukan-pada-burung-kacer/
http://www.tipsburung.com/2016/02/daun-mengkudu-obat-mujarab-untuk-burung.html

Tag : daun mengkudu, kacer
Back To Top