Manfaat Daun Kemangi untuk Lovebird


Sepengetahuan saya, manfaat daun kemangi untuk lovebird adalah untuk menurunkan birahi lovebird. Jadi saat burung love bird Anda terlihat lagi bernafsu, segeralah berikan daun kemangi agar nafsunya kembali normal.

Salah satu masalah paling serius pada burung love bird adalah masalah pada stabilitasnya birahi. Pada burung tertentu, nafsu birahi burung Love Bird mudah meledak tanpa alasan yang jelas. Karena itu, pengaturan lapangan untuk burung paruh melengkung ini tidak standar setiap saat. Terkadang hari ini dengan tahapan tertentu bisa stabil dan terkadang keesokan harinya malah naik, tapi terkadang tidak jalan atau bahkan terlihat lebih baik.

Namun, Lovebird bisa mengalami over birahi biasanya karena pakan EF yang terlalu berlebihan. Umpan EF yang bisa membuat lovebird over nafsu di antaranya adalah kangkung dan jagung. Oleh karena itu jika lovebird Anda tiba-tiba bernafsu, solusi yang paling tepat adalah mengurangi pemberian EF dalam bentuk kangkung dan jagung, lalu diganti dengan daun kemangi.

Intinya begini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebab over nafsu burung love bird, apakah karena EF yang berlebihan atau karena memang ingin kawin. Jika nafsu berlebih itu karena doping atau EF yang berlebihan maka Anda harus berhenti memberi EF atau doping dan memberi daun kemangi sebagai penurun nafsu dan jika niknya birahi itu karena ingin kawin, berarti sudah waktunya mencari pasangan burung tersebut.

Bila burung Love Bird sedang mengalami nafsu birahi, untuk menstabilkan kembali sangat sulit. Bahkan dalam beberapa kasus terkadang memakan atau mengeluarkan bulunya sendiri. Ini karena burung love bird sangat sensitif sehingga sangat sulit dikendalikan.

Beberapa ciri yang menandakan kalau love bird lagi bernafsu antara lain :
Untuk Lovebird jantan :
- Sering mengusap atau menggesek anusnya di tangkringan
- Seperti kesal saat mendengar suara lovebird betina dan selalu membalasnya.

Untuk Lovebird betina :
- Jadi lebih diam dari pada saat sebelumnya
- Mencabut bulu dada
- Ingin keluar dari kandang, kemungkinan ingin bertemu yang jantan

Ciri lainnya yang umum adalah :
- Membuka sayap sambil nungging
- Sering merayap di kandang
- Seringkali naik turun tangkringan
- Burung sering berada di bawah sangkar
- Galak

Ada cara alami yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki burung love bird yang mengalami over nafsu, yaitu memberi daun kemangi. Daun kemangi ini tidak hanya bagus untuk dikonsumsi manusia tapi juga sangat penting untuk burung Love Bird. Meski belum jelas kandungan yang menyebabkan daun kemangi bisa mempengaruhi nafsu birahi burung Love Bird, namun sejauh ini daun ini sangat efektif dalam menurunkan nafsu love bird.

Cara memberi daun kemangi pada burung Love Bird ini bisa dilakukan dengan dua cara sebagai berikut.

Langkah pertama
Daun kemangi segar bisa langsung diberikan kepada burung Love Bird sebagai pengganti sayuran. Jika Love Bird Anda tidak ingin memakannya, Anda bisa mengakali dengan cara membuatnya lapar terlebih dahulu. Dan saat yang tepat untuk melakukan ini adalah setelah burung-burung dijemur di bawah sinar matahari. Tapi pastikan, saat dikeringkan semua pakan diamankan dahulu semua. Cara ini bisa membuat burung kelaparan sehingga memiliki kesempatan sangat besar untuk menginginkan daun kemangi yang Anda berikan.

Cara kedua
Anda bisa memberi daun kemangi ini dengan mengambil airnya. Ambil beberapa daun kemangi segar, cuci bersih-bersih lalu rebus di panci. Ukuran yang tepat, 7 lembar daun kemangi untuk satu cepuk air minum. Selain itu, Anda juga bisa menyeduhnya dalam air yang masih mendidih. Setelah itu, dinginkan air kemangi lalu berikan ke burung love bird yang mengalami nafsu tinggi. Air ini diberikan sebagai pengganti air minum dan karenanya selama Anda melakukan terapi ini Anda tidak disarankan untuk menyediakan air putih sebagai air minum. Karena burung bisa dipastikan lebih suka minum air putih daripada air kemangi karena aromanya cukup menyengat.

Setelah birahi burung Love Bird anda stabil alias turun, sebaiknya pemberian ramuan daun kemangi ini segera berhenti. Perawatan sehari-hari yang normal harus dilanjutkan namun beberapa EF seperti daun kangkung dan jagung muda harus diminimalkan. Jangan sampai Anda memberi EF dengan dosis banyak karena ini bisa lagi memicu ledakan nafsu burung love bird Anda. Agar Lovebird tidak mengalami over biraji lagi, untuk pakan harian sebaiknya hanya diberi white milet saja dan pemberian jagung atau kangkung bisa diberikan seminggu sekali.

Setelah itu, Anda bisa kembali mencoba burung Love Bird Anda ke lapangan. Jangan set niko-niko dulu alias pakai setting natural alias setting harian, karena birahi burung dikhawatirkan kembali melonjak. Nah, saat digantang di lapangan, lihatlah performanya apakah penampilannya maksimal atau tidak. Jika belum, Anda bisa menambahkan sedikit EF sebelum digantang atau diikutkan dalam lomba, atau latber dan latpres saat pemanasan sebelum lovebird diturunkan dalam event yang lebih besar.

Selain menurunkan nafsu, beberapa manfaat daun kemangi untuk burung love vird adalah sebagai berikut:

Mengobati pilek
Seperti manusia, burung juga bisa kedinginan. Gejalanya antara lain, burung sering mengembangkan bulu, kurang aktif, dan kotoran cenderung berair.

Membantu memperbaiki reproduksi
Daun kemangi mengandung zat cineole, eugenol, dan mycrene yang dapat memperbaiki fungsi organ reproduksi burung. Akibatnya, burung yang diternakkan lebih siap untuk dibuahi dan berkembang biak, sehingga membuat mereka lebih produktif

Sebagai antiinflamasi
Zat Eugenol yang terkandung dalam daun kemangi juga bisa membantu mencegah atau mengobati peradangan.

Melancarkan sirkulasi darah
Kandungan isoflavin yang biasa ditemukan pada kacang juga terkandung dalam daun kemangi. Isoflavin berkhasiat memperlancar peredaran darah, sehingga bisa mencegah dan mengurangi potensi stres pada burung, dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh pada burung.

Mengobati gigitan serangga
Daun kemangi juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah gigitan serangga yang dialami burung. Caranya, lumatkan beberapa potong daun kemangi dengan cara mengunyah atau menggeseknya dengan tangan, lalu ditempelkan ke badan burung yang terkena gigitan serangga.

Itulah sedikit informasi tentang efek samping daun kemangi, salah satu sayuran untuk menurunkan birahi lovebird betina dan jantan. Baca juga artikel lainnya yang berhubungan dengan :
- manfaat daun kemangi untuk kenari
- daun seledri untuk lovebird
- manfaat daun kemangi untuk kacer
- manfaat kacang panjang untuk lovebird

Sumber :
http://www.tipsburung.com/2016/07/daun-kemangi-turunkan-birahi-love-bird.html
http://www.kicau-burung.com/2017/04/manfaat-daun-kemangi-untuk-lovebird.html
http://www.caragacor.com/2017/07/daun-kemangi-untuk-turunkan-birahi-lovebird.html
https://www.duniabinatang.org/cara-menurunkan-birahi-lovebird/

Tag : Daun Kemangi, lovebird
Back To Top