Manfaat Serat Daun Mendong


Diantara manfaat serat daun mendong adalah :
- sebagai pakan ternak
- sebagai bahan anyaman
- sebagai tali tempe

Daun mendong dapat ditemukan di rawa atau di sawah. Mendong adalah sejenis rumput. Pada dasarnya mendong termasuk tanaman liar yang tumbuh tidak beraturan. Bahkan tanaman ini sering dikatakan sebagai gulma untuk tanaman padi di sawah.

Karena itu, banyak orang yang menanam padi di sawah selalu mencabut tanaman ini jika tumbuh di antara tanaman padi. Mendong ini memiliki akar yang sangat kuat sehingga dianggap mengganggu tanaman padi.

Jika mendong dibiarkan tumbuh liar, tanaman ini biasanya akan tumbuh bersama dengan tanaman wlingi, yaitu tanaman yang memiliki daun tajam. Namun di beberapa daerah rumput mendong juga digunakan sebagai tanaman budidaya.

Biasanya mendong ditanam di sawah karena sawah tidak cocok untuk menanam padi atau sawah lainnya. Salah satu daerah yang membudidayakan Mendong adalah Jawa Tengah. Rumput mendong ini sengaja dibudidayakan dan bahkan menjadi salah satu mata pencaharian daerah sekitarnya.

Daun mendong memiliki karakteristik unik, yaitu daun ini berbentuk segitiga. Meskipun mendong ini adalah gulma, tetapi mendong memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

Pakan ternak
Rumput mendong muda dapat digunakan sebagai pakan ternak. Beberapa petani padi akan membiarkan rumput ini tumbuh di tepi sawah dan tidak merusaknya. Namun, tanaman ini dibiarkan hidup dan digunakan sebagai pakan ternak. Karena Mendong mendapat nutrisi makanan dari pupuk yang berasal dari pupuk padi.

Manfaat Serat Daun Mendong

Bahan tenun
Daun mendong bisa digunakan untuk membuat kerajinan. Dengan tangan kreatif, daun mendong ini akan disulap menjadi berbagai jenis kerajinan. Seperti membuat tikar, tas unik, tas pembungkus buah atau pembungkus makanan. Bahan ini dipilih karena daunnya kuat. Ternyata tidak hanya pandn bisa digunakan untuk tikar, tetapi mendong juga bisa.

Tali tempe
Seperti yang saya nyatakan dalam artikel, tali unik bungkus tempe mendong adalah salah satu kategori tanaman unik untuk bungkus tempe. Ini karena mendong memiliki tingkat keuletan yang tinggi, sehingga kemungkinan tempe ditali mendong tidak akan terlepaskan. Tempe yang diberi daun mendong akan terlihat lebih unik sehingga akan menarik minat konsumen yang ingin membelinya.

Dengan tekstur daun mendong yang khas, maka tak heran para pengrajin tersebut mengambil manfaat serat daun mendong untuk dijadikan kerajinan daun mendong yang khas dan unik yang mmana kegunaan anyaman mendong tersebut di tangan orang kreatif bisa menghasilkan asesoris atau souvenir yang menarik.

Baca juga
- manfaat daun nanas
- manfaat serat daun nanas
- manfaat serat bulu alpaca

Back To Top