Manfaat Daun Bidara


Tahukah Anda jika manfaat daun bidara sudah lama dikenal untuk berbagai kebutuhan. Daun bidara adalah obat tradisional yang sangat akrab bagi masyarakat di daerah pedesaan dan terpencil.

Daun bidara memiliki buah yang dapat mengatasi penyakit kronis. Pohon Bidara biasanya tumbuh sekitar 6-15 meter dengan cabang dan ranting ditutupi duri. Namun daun bidara memiliki permukaan yang halus.

Sekarang ada banyak obat yang menggunakan daun bidara sebagai bahan utama, baik herbal dan kimia. Tanaman ini memiliki banyak bahan yang sangat bermanfaat. Bahkan orang-orang di Cina dan India juga menggunakan daun bidara untuk pengobatan alternatif.

Tidak perlu bingung mencari obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit. Beberapa daun bidara dapat menyembuhkannya secara efektif dan tanpa efek samping. Menariknya, masyarakat kita juga menggunakan daun tanaman ini untuk memandikan mayat.

Bahkan tradisi rukyah atau mengatasi kerasukan juga menggunakan daun ini. Benarkah daun bidara efektif mengusir jin dan setan?

Daun bidara juga kaya akan kandungan kimianya dari minyaknya. Karena itu tanaman ini juga merupakan herbal utama untuk industri kosmetik dan perawatan kecantikan. Bidara atau widara (Ziziphus mauritiana) adalah pohon kecil yang tumbuh di daerah kering.

Tumbuhan ini juga populer dengan sebutan widara dara, rangga, bukol, atau kalangga. Masyarakat Arab menyebutnya nabka. Sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai jujube, apel Cina atau prem India.

Manfaat Daun Bidara

(Sumber gambar)

Kandungan Daun Bidara

Manfaat daun bidara untuk kesehatan karena kandungannya yang lengkap. Dalam 100 gram daun bidara, menurut data Nutrisi USDA, terdiri dari :
- energi (5,92 kkal),
- karbohidrat (17 gram),
- protein (0,8 gram,
- lemak (0,07 gram),
- air (81,6 gram)
- gula (5,4 gram),
- serat makanan (0,60 gram),
- kalsium25,6 mg (3%),
- fosfor 26,8 mg (4%),
- zat besi,
- tiamin (vitamin B1),
- riboflavin (vitamin B2),
- niasin (vitamin B3).

Berbagai manfaat daun bidara dapat diperoleh karena daun bidara mengandung antioksidan, imunostimulan, sitoprotektif, hepatoprotektif, dan aktivitas farmakologis penting lainnya.

Melalui proses penyulingan, dapat dihasilkan minyak daun bidara (Zizyphus spina-christi) yang kaya akan kandungan kimia, seperti metil heksadekanoat, geranil aseton, heksadekanol, metil oktadekanoat, etil oktadekanoat, farnesil aseton C.

Daun bidara muda sering digunakan sebagai sayuran, sedangkan daun bidara tua bagus untuk pakan ternak. Dapat juga dibuat dengan membuat teh daun bidara atau merebusnya untuk air minum sebagai obat herbal atau untuk mandi.

Mitos Daun Bidara Sebagai Penolak Jin

Keutamaan manfaat daun bidara telah lama dikenal. Bahkan, menurut sejumlah sumber, Rasulullah SAW telah memerintahkan para sahabatnya  untuk menggunakan ramuan ini untuk membasuh tubuh mayat.

Ini karena kandungan mineral dan senyawa kimia dalam minyak daun bidara akan membuat tubuh berbau harum lebih lama. Sejumlah tradisi masyarakat dalam memmandikan tubuh mayat juga menggunakan tanaman ini.

Menariknya, daun bidara juga banyak digunakan untuk mengusir jin dan mengatasi kasus-kasus kerasukan setan. Meskipun mungkin sulit untuk diterima akal, buktinya adalah berbagai masalah tentang kerasukan dapat diatasi dengan daun bidara.

Manfaat Daun Bidara

Kandungan nutrisi dan berbagai senyawa kimia membuat daun bidara sangat berguna untuk kesehatan. Berikut ini, berbagai manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang perlu Anda ketahui.

Mengobati demam
Kandungan kimia dalam minyak daun bidara, cukup efektif untuk meredakan demam dan panas tinggi. Selain meminum air matangnya, Anda bisa menggunakannya untuk mandi.

Bersifat anti-mikroba
Senyawa kimia dalam daun bidara juga merupakan antimocrobial dan efektif dalam memberantas jamur, bakteri, atau patogen lain yang menyerang tubuh. Konstituen ekstrak daun bidara dapat berfungsi sebagai sumber obat industri yang berguna dalam kemoterapi beberapa infeksi bakteri.

Mengontrol gula darah
Manfaat lain daun bidara adalah membantu penderita diabetes. Ini karena air rebusan daun bidara juga efektif untuk mengendalikan dan menurunkan kadar gula darah.

Mengobati diabetes
Diabetes adalah penyakit berbahaya jika dibiarkan. Namun, ternyata diabetes bisa diatasi dengan daun bidara. Tanaman ini memiliki senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan pada sistem pengaturan gula.

Anda bisa mengonsumsi teh daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Tanaman ini juga dapat mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin. Selain meminum air rebusan daun bidara, penderita diabetes juga diharuskan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula untuk menstabilkan gula darah.

Memanjangkan dan menghitamkan rambut
Kandungan kimia dan fitokimia dalam bubuk daun bidara sangat efektif untuk digunakan dalam perawatan rambut. Bahkan ramuan ini efektif dalam memanjangkan dan menghitamkan rambut.

Untuk perawatan kulit dan mencerahkan kulit
Penelitian menunjukkan adanya kemanjuran air rendaman daun bidara untuk perawatan kulit tubuh dan wajah, termasuk mengatasi bintik-bintik merah dan gangguan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dan radikal bebas.

Menenangkan dan mengatasi depresi
Kandungan mineral dan zat aktif dalam daun bidara juga bisa menenangkan dan mengendurkan saraf dan aliran darah. Ini sangat efektif untuk mengatasi stres dan depresi. Anda bisa mengolahnya menjadi teh untuk memberikan efek tenang dan nyaman, terutama bagi orang tua atau orang dewasa yang memiliki banyak masalah dan stres.

Mencegah kerusakan DNA
Untuk melindungi sel-sel DNA manusia dari efek buruk radiasi aktinik, sebenarnya dapat dilakukan dengan daun bidara. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa kandungan mineral herbal sangat efektif dalam mencegah kerusakan DNA.

Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat daun bidara selanjutnya adalah dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara diyakini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka lecet atau karena goresan.

Selain itu, daun bidara juga diyakini memiliki senyawa glikosida yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka di kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka berasal dari kemampuannya mempercepat regenerasi kulit.

Gunakan daun bidara kering, lalu haluskan sampai menjadi bubuk dan dicampur dengan sedikit air untuk dioleskan sebagai salep jika Anda ingin mengobati luka luar. Anda juga bisa minum air rebusan daun bidara untuk mengobatinya dari dalam.

Mencegah kanker dan tumor
Tahukah Anda bahwa daun bidara dapat menjaga kesehatan tubuh dengan cara membunuh sel kanker? Tumbuhan ini memiliki kandungan yang bisa menangkal pertumbuhan sel kanker dan tumor yang berbahaya.

Menjaga kesehatan jantung
Daun bidara punya kemampuan dalam menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung itu ada berbagai jenis dan penyebabnya. Salah satu kondisi yang paling mempengaruhi jantung adalah pola makan. Salah satu ramuan yang baik untuk dikonsumsi adalah air rebusan daun bidara.

Manfaat daun bidara untuk kolesterol
Kolesterol buruk atau LDL dalam darah bisa turun jika Anda mengonsumsi serat larut air. Seratnya bisa didapat dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui tinja.

Baik untuk sistem pencernaan
Manfaat daun bidara untuk kesehatan pencernaan dapat dikonsumsi langsung, dengan meminum rebusan daun bidara, memakan buah, atau dengan mengonsumsi teh daun bidara.

Selain itu, daun bidara juga dapat membantu menghilangkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan sehingga berbagai risiko gangguan pencernaan bisa diatasi.

Manfaat daun bidara untuk ambeien
Manfaat bidara daun selanjutnya adalah mengatasi wasir. Penyakit ini bukan penyakit yang mematikan, tapi tetap saja bisa sangat mengganggu dan juga menyiksa penderita. Cara menggunakan daun bidara untuk wasir adalah dengan minum air rebusannya secara teratur atau dengan mengoleskan daun bidara langsung pada anus yang bengkak.

Mengatasi jerawat
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, baik jerawat di wajah atau di punggung, sepertinya Anda bisa mencoba mendapatkan manfaat daun bidara. Berbeda dengan metode sebelumnya, daun bidara tidak direbus tetapi dibuat masker. Kandungan antibakteri daun bidara diyakini membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, manfaat daun bidara juga dapat membantu meremajakan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV. Daun bidara juga membantu membersihkan wajah lebih optimal sehingga kebersihan dan kecantikan kulit tetap terjaga.

Metode membuatnya cukup mudah. Siapkan 5 lembar daun bidara, kemudian ditumbuk halus. Beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental. Oleskan ke daerah yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Biarkan selama sekitar 20 menit atau keringkan. Setelah itu bilas wajah Anda sampai bersih.  Lakukan 3 hingga 4 kali seminggu, selama 2 bulan.

Jika Anda tidak menemukan daun bidara segar, Anda dapat menggunakan bubuk ekstrak daun bidara di toko-toko herbal dan farmasi.

Menjaga kesehatan bibir dan mulut
Manfaat daun bidara untuk kesehatan dari luar ini mampu menjaga kesehatan bibir dan mulut. Pernahkah Anda merasa sangat sakit karena sariawan sehingga malas makan? Usahakan secara teratur minum air rebusan daun bidara untuk mengatasinya.

Daun Bidara menjaga kesehatan mulut dari sariawan dan menjaga keindahan bibir Anda supaya tidak pecah. Kandungan antioksidannya sangat baik untuk mencegah bakteri yang mengendap di mulut.

Mencegah penuaan dini pada kulit
Sebelumnya Anda bisa mendapatkan manfaat daun bidara untuk mengatasi jerawat yang membandel. Kali ini daun bidara juga bisa mencegah keriput dan lingkaran hitam di bawah mata, sebagai tanda kulit mengalami penuaan dini.

Cara mengaplikasikannya sama saja, jadikan daun bidara sebagai masker harian Anda. Anda bisa menggunakan daun jeruk nipis dicampur dengan madu atau perasan lemon yang digunakan sebagai pasta, lalu taruh di wajah dan biarkan mengering.

Selanjutnya bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Gunakan dua kali seminggu untuk membuat wajah Anda bersinar dan mengurangi keriput Anda.

Menghaluskan kulit kering 
Kondisi kulit kering seringkali mengganggu kepercayaan diri Anda karena Anda malu wajah terlihat kusam dan ada bagian kulit yang terlihat seperti mengelupas. Tentu hal ini membuat Anda  tidak nyaman bukan?

Daun bidara sebagai bahan perawatan kecantikan kulit telah digunakan sejak zaman Cina kuno. Cara menggunakannya pun sama, Anda bisa membuat pasta dari daun bidara untuk perawatan kulit tangan, kaki, dan wajah yang terasa kering.

Menghilangkan bakteri keputihan
Daun bidara juga bisa digunakan untuk membersihkan tubuh lebih optimal. Inilah yang membuat daun bidara sering digunakan sebagai bahan utama sabun. Selain itu, daun bidara juga dipercaya membantu mengatasi masalah keputihan yang dialami wanita.

Manfaat daun bidara untuk membersihkan daerah kewanitaan mungkin tidak jauh berbeda dengan manfaat daun sirih. Pada dasarnya daun bidara memang dapat digunakan sebagai antiseptik, jadi jangan heran jika ada saran untuk membersihkan tubuh dengan air rebusan daun bidara.

Membantu menurunkan berat badan
Mengkonsumsi daun bidara secara teratur juga diklaim dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Daun bidara membantu Anda menurunkan berat badan dengan memberi Anda perasaan kenyang lebih lama dan juga membantu membakar lemak. Cara menggunakannya adalah dengan meminum air rebusan daun bidara yang direndam semalaman atau dengan mengonsumsi teh daun bidara.

Merawat Rambut
Manfaat daun bidara lainnya adalah dapat digunakan untuk perawatan rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut adalah membuat rebusan daun bidara sebagai tonik rambut. Selain itu, daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan.

Menyembuhkan maag 
Manfaat kesehatan dari daun bidara lebih lanjut adalah dapat mengurangi efek negatif dari asam lambung. Selain itu, daun bidara juga mampu meredakan berbagai penyakit lambung, sehingga baik untuk penderita maag.

Risiko gangguan pencernaan juga diatasi oleh daun bidara, karena dapat membantu menghilangkan racun dalam pencernaan dan mencegah infeksi di saluran cerna.

Mengatasi Insomnia
Manfaat kesehatan selanjutnya dari daun bidara adalah membantu Anda mengatasi insomnia. Kandungan saponin daun bidara memiliki efek menenangkan. Anda dapat mengonsumsi teh daun bidara sebagai obat tidur alami dan meningkatkan kualitas tidur.

Mengatasi menstruasi tidak lancar
Ketidakseimbangan hormon biasanya menjadi penyebab menstruasi wanita tidak lancar. Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk mengkonsumsi daun bidara setiap hari. Senyawa dari daun bidara akan membantu Anda menyeimbangkan hormon dan melancarkan menstruasi.

Mencegah bakteri
Manfaat kesehatan selanjutnya dari daun bidara adalah dapat mencegah serangan bakteri dan virus. Ini mampu menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebagian besar penyakit berasal dari bakteri yang mengendap di tubuh, akan dihilangkan. Namun, itu tidak memberikan efek yang pasti jika pada jamur.

Mengobati flu
Antibakteri yang ditemukan dalam daun bidara mampu mengobati berbagai virus dan bakteri. Flu yang disebabkan oleh virus dapat disembuhkan dengan menggunakan daun bidara. Selain flu biasa, daun bidara dipercaya bisa menyembuhkan flu burung.

Manfaat lainnya antara lain :
- Meningkatkan nafsu makan
- Meningkatkan metabolisme tubuh
- Mengurangi tekanan darah tinggi
- Memperkuat tulang, otot, dan persendian
- Memperkuat gigi
- Mengobati rasa sakit saat buang air kecil
- Memuaskan dahaga Anda
- Mengatasi ejakulasi dini
- Mengatasi peradangan pada kulit

Sebenarnya masih banyak manfaat daun bidara untuk kesehatan, perawatan kecantikan, dan pengobatan penyakit. Herbal yang kaya akan zat aktif bisa menjadi tanaman obat keluarga yang siap digunakan.



Itulah kurang lebih 30 manfaat daun bidara dan cara menggunakannya atau cara meramunya. Selain khasiat, mungkin daun bidara ini juga punya efek samping jika digunakan berlebihan. Namun tidak hanya daun bidara, sebab apa pun yang digunakan secara berlebihan, pasti ada efek sampingnya yang kurang baik.

Sumber :
https://doktersehat.com/manfaat-daun-bidara/

Tag : manfaat daun bidara
Back To Top