Manfaat Daun Ceri Kersen


Manfaat daun ceri kersen yang paling populer adalah bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh, serta mampu mengeringkan luka akibat kadar gula tinggi dan tidak pernah sembuh. Ada banyak herbalist yang tahu manfaat daun ceri yang akhirnya dijadikan bahan untuk menyebuhkan penyakit seperti diabetes.

Pohon ceri, Anda mungkin lebih mengenal buahnya jika dibandingkan dengan daunnya, karena buah ceri rasanya sangat manis dan cukup enak dimakan. Ternyata daunnya memiliki kandungan yang sangat bergizi untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Isi senyawa di dalam daun ceri adalah :
- Alkaloid
- Riboflavin
- Karotin
- Niasin
- Protein
- Saponin, dan masih banyak lagi

Tak begitu jauh berbeda dengan jenis daun lainnya yang biasa dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit, Anda bisa menggunakan daun kersen dengan merebus dedaunan dan membuatnya seperti minuman teh. Dan Anda juga bisa mengganti minuman teh biasa yang Anda minum setiap hari dengan air rebusan daun ceri.

Cara membuat minuman daun ceri
  • Ambil kuncup daun segar segenggam dan bersihkan.
  • Kemudian masukkan air bersih ke dalam panci 3 sampai 4 gelas.
  • Kemudian letakkan daun ceri yang telah Anda bersihkan ke dalam panci
  • Selanjutnya Anda rebus sampai air dalam panci berkurang menjadi 1 gelas saja
  • Lalu diamkan agar air matang, setelah matang biarkan ceri menjadi hangat dan agak dingin
  • Anda bisa mencampurnya dengan madu agar lebih eankk saat Anda meminumnya
  • Anda bisa mengganti minuman teh biasa yang Anda konsumsi setiap hari dengan air daun ceri untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang Anda derita

Dengan begitu banyak senyawa baik di dalam daun ceri maka tak heran bila banyak herbalist yang menggunakan daun ini sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Dan inilah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan hanya dengan minum air rebusan daun ceri.

Mengobati diabetes
Daun ceri sangat terkenal dalam menyembuhkan diabetes. Dengan rutin mengkonsumsi  air rebus daun kersen maka akan menurunkan gula darah yang tinggi. Konsultasikan dengan herbalist, seberapa banyak harus mengkonsumsi air daun ceri untuk menyembuhkan diabetes.

Kandungan di dalamnya disebut saponin yang mampu menurunkan gula darah yang terlalu tinggi. Semakin rutin mengonsumsinya semakin cepat gula darah Anda akan turun. Namun, Anda harus mengurangi mengkonsumsinya saat gula darah Anda sudah mulai normal.

Menyembuhkan luka atau borok
Masih ada hubungannya dengan gula darah tinggi, tak jarang penderita diabetes bila ada bagian yang terluka pada tungkai sangat sulit disembuhkan dan sangat sulit  lukanya dikeringkan. Dengan rutin mengkonsumsi minuman rebusan daun ceri, maka insya Allah luka akan segera berangsur-angsur mengering, begitu juga kadar gula darah juga ikut turun.

Mencegah kanker
Manfaat daun ceri ternyata sangat mampu mencegah timbulnya kanker di tubuh, hal ini disebabkan kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah dan membunuh kanker dalam tubuh.

Meredakan rasa sakit
Rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan dari penyakit ini bisa dikurangi dengan minum air rebusan daun ceri. Jadi daun ceri ini perannya hampir sama dengan obat asam mefenamat yang mampu meringankan rasa sakit atau nyeri.

Menurunkan kadar kolesterol
Dengan secara teratur minum air rebusan daun ceri minimal 1 kali sehari akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Dan akan lebih baik jika Anda meminumnya di malam hari sebelum tidur sehingga tidak ada lagi aktivitas yang Anda lakukan. Kemudian jamu dari daun ceri ini akan bekerja dengan baik.

Mencegah perkembangan tumor
Daun kersen dikenal sebagai daun yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu manfaat daun kersen adalah mencegah pertumbuhan tumor. Daun ini mengandung flavonoid, tanin dan saponin. Selain itu, air rebusan daun kersen juga bisa menjadi antiseptik yang sangat baik, dan akan mencegah peradangan dan pembengkakan.

Sebagai pengatur otot otot jantung
Khasiat lainnya dari daun kersen adalah menjaga kinerja otot jantung. Saya tidak mengada-ngada karena hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian bahwa daun kersen dapat bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

Anti hipertensi
Daun Kersen juga bisa digunakan sebagai obat anti-hipertensi.

Anti inflamasi
Di atas sudah disebutkan bahwa kersen daun juga bisa menurunkan gejala peradangan dan juga inflamasi.

Sebagai antiseptik
Kandungan flavonoid, tanin, dan juga saponin pada daun ini bisa menjadi antiseptik yang membunuh mikroba dan berbagai bakteri.

Mengobati asam urat
Dalam sehari, Anda bisa mengkonsumsi tiga kali untuk meredakan asam urat yang Anda derita. Jika asam urat yang dierita kambuh, maka dalam satu hari sebaiknya meminumnya sampai empat kali. Dalam satu kali minum, masing-masing satu gelas. Cara membuat rebusan daun kersen, ambil 10 lembar daun kersen muda. Setelah dicuci bersih, direbus dengan air sebanyak dua gelas. Kemudian masak hingga mendidih selama 45 menit, hingga menjadi satu gelas yang merupakan sisa-sisa sari daun tersebut.

Itulah khasiat daun ceri kampung untuk berbagai penyembuhan penyakit termasuk manfaat daun kersen untuk stroke. Semoga bermanfaat.

Tag : daun ceri kersen
Back To Top