Manfaat Daun Sidaguri



Manfaat daun sidaguri - Daun Sidaguri adalah sejenis daun liar yang tumbuh dari tumbuhan liar dan mudah ditemukan di sekitar rumah. Tanaman Sidaguri bisa tumbuh subur di Indonesia karena cocok dengan iklim tropisnya dengan suhu panas. Nama lain dari daun sidaguri ini cukup banyak, mulai dari sidagori, sosapu, saliguri, dan masih banyak nama lainnya lagi. Daun Sidaguri memanjang dengan ujung daun bergerigi.

Daun Sidaguri memiliki panjang antara 1,5 sampai 4 cm dan lebar antara 1 sampai 1,5 cm, di bagian bawah daun sidaguri ada rambut berwarna abu-abu pendek. Meski dikenal sebagai tanaman liar, tanaman sidaguri mengandung senyawa di dalamnya yang bisa digunakan untuk kesehatan.

Mengapa daun sidaguri bagus untuk kesehatan tubuh Anda? Alasan utamanya adalah bahwa daun ini mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk tubuh Anda, seperti asam amino, saponin, fenol, tanin, alakoid, dan juga minyak esensial. Selain daunnya, Anda juga bisa menggunakan batang yang akan dipadukan dengan dedaunan. Batang tanaman Sidaguri juga mengandung senyawa sehat seperti steroid, tanin, dan beberapa senyawa bergizi lainnya untuk tubuh.

Agar tidak salah memahami manfaat dan keampuhan daun sidaguri, kami memberikan penjelasan rinci tentang beberapa khasiat daun ini untuk kesehatan Anda. Inilah informasinya.

Obat kudis
Khasiat daun sidaguri pertama adalah sebagai daun yang bisa mengatasi penyakit kulit akibat jamur seperti kudis. Bukan hanya kudis, tapi juga penyakit jamur di kulit lainnya seperti panu, kadas, dan juga kurap.

Menyembuhkan bisul
Khasiat daun sidaguri untuk kulit juga bisa menyembuhkan bisul. Daun alami ini akan membuat bisul di kulit Anda menjadi lebih cepat matang sehingga mudah dirawat dan tidak merusak jaringan kulit.

Menyehatkan tulang
Khasiat daun sidaguri ternyata bisa menjadi daun yang akan memberi makan tulang Anda. Daun dengan kandungan alami ini akan membuat tulang Anda lebih sehat dan lebih kuat daripada serangan keropos tulang.

Menyembuhkan luka
Khasiat daun sidaguri untuk kulit bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan luka. Berbagai jenis luka ringan pada kulit Anda bisa dengan mudah diatasi. Daun ini akan mempercepat pengeringan luka agar tidak menimbulkan luka terbuka lagi.

Mengatasi mimisan
Khasiat daun sidaguri juga efektif menghentikan mimisan. Hal ini disebabkan karena daun sidaguri mengandung senyawa yang dapat membekukan aliran darah sehingga tidak mengalir keluar dari tubuh Anda.

Obat sakit gigi
Rasa sakit di gigi bisa sangat tak tertahankan. Untuk meringankan rasa sakit ini, cobalah mengunyah daun sidaguri. Daun ini akan meringankan rasa sakit pada gigi Anda dan mencegahnya muncul kembali.

Obat bengkak
Pembengkakan di tubuh bisa terjadi karena tubuh Anda bereaksi karena masalah kesehatan. Bisa jadi karena radang atau benturan pada tubuh Anda. Sembuhkankan pembengkakan dengan menggunakan manfaat daun sidaguri.

Mencegah rematik
Penyakit rematik menyerang tulang dan sendi Anda. Rasa sakit yang ditimbulkan adalah rasa sakit yang terkadang tak tertahankan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba khasiat daun sidaguri untuk meredakan nyeri rematik.

Mengatasi penyakit cacingan
Penyakit lainnya yang bisa diobati dengan daun sidaguri adalah penyakit cacingan. Daun sidaguri ini mampu mematikan semua cacing yang masuk ke organ pencernaan Anda sehingga cacingan bisa diobati.


Bagus untuk pernapasan
Pernapasan yang baik yang mencirikan kesehatan tubuh Anda dengan baik. Tapi jika Anda sering merasa sesak saat bernafas, Anda perlu mencoba daun sidaguri. Daun ini mengandung zat alami yang menyehatkan pernafasan.

Meredakan rasa sakit
Rasa sakit di beberapa bagian tubuh biasanya diatasi dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit. Selain menggunakan obat-obatan, meringankan rasa sakit bisa dengan menggunakan daun sidaguri. Kandungan senyawa alkaloid yang terdapat pada daun sidaguri dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang dialami.

Menenangkan sistem saraf
Sistem saraf harus bekerja dengan baik agar tubuh merespons perintah otak. Bila sistem saraf terganggu, beberapa perintah yang disampaikan oleh otak terkadang tidak merespons. Sistem saraf juga perlu ditenangkan, salah satunya dengan mengoleskan daun sidaguri. Kandungan alkaloid pada daun sidaguri dapat membantu menenangkan saraf.

Mengatasi malaria
Tidak hanya meringankan rasa sakit dan juga menenangkan saraf, kandungan alkaloid pada daun sidaguri bisa membantu mengatasi malaria. Minum air daun sidaguri secara teratur saat terkena malaria, bisa membantu proses penyembuhan.

Meredakan batuk
Manfaat lain dari senyawa alkaloid di dalam daun sidaguri adalah dapat membantu mengatasi batuk. Batuk kadang dianggap sepele dan dianggap sebagai nyeri ringan, namun terkena batuk yang berkepanjangan bahkan bisa menurunkan berat badan dengan drastis. Mengatasi batuk selain obat, bisa dengan memanfaatkan daun sidaguri.

Mengatasi diare
Diare disebabkan oleh aktivitas bakteri di saluran pencernaan. Terkena diare bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun sidaguri. Kandungan tanin di daun sidaguri memiliki manfaat sebagai antibakteri yang bisa membantu melawan bakteri penyebab diare.

Membantu proses pembekuan darah
Darah yang terus menerus keluar akibat luka bisa membahayakan tubuh dari kekurangan darah. Menghentikan aliran darah yang keluar dengan cara membekukan darah pada luka bisa diatasi dengan daun sidaguri.

Mengobati gigitan serangga
Serangga biasanya memiliki racun pada gigitannya. Jadi, setelah digigit beberapa jenis serangga, gigitan serangga bisa menjadi memar atau bengkak. Mengatasi luka akibat gigitan serangga bisa dengan memanfaatkan daun sidaguri. Isi di dalamnya bisa membantu menghilangkan racun dari gigitan serangga.

Meringankan asam urat
Cara memanfaatkan sidaguri untuk asam urat dengan minum air daun sidaguri secara teratur dapat membantu meredakan asam urat. Ini karena kandungan daun sidaguri bisa membantu menurunkan kadar asam urat asam dari dalam tubuh.

Mencegah osteoporosis
Daun Sidaguri bisa dimanfaatkan untuk menjaga kepadatan tulang, sehingga tulang bisa terhindar dari bahaya osteoporosis. Selain menjaga kepadatan tulang, kandungan di sidaguri juga bisa membantu memperbaiki struktur tulang yang rusak.

Mengobati jerawat
Jerawat disebabkan oleh bakteri pada wajah. Aktivitas antibakteri yang dimiliki oleh daun sidaguri dapat membantu mempercepat proses pengobatan jerawat.

Sebagai anti kanker
Meski hanya sebagai tanaman liar, namun daun sidaguri bisa bekerja sebagai anti kanker. Kandungan senyawa di daun sidaguri bisa mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh dan mencegah perkembangannya.

Obat disfungsi ereksi
Disfungsi ereksi bisa diobati dengan daun sidaguri. Kandungan alkaloidnya bisa menjadi salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi.

Itulah informasi terkait manfaat daun sidaguri serta beberapa efek samping daun sidaguri khususnya dalam kesehatan.


Tag : daun sidaguri
Back To Top