Manfaat Daun Saga untuk Batuk


Tanaman ini banyak dijumpai di pinggir jalan maupun halaman rumah. Daunnya yang menyerupai daun kumis kucing berukuran besar ini, ternyata ampuh mengobati batuk dan gangguan tenggorokan. Daun Saga memiliki kandungan kimia berupa glycyrrhicic acid yang memiliki sifat penyejuk pada kulit dan selaput lendir. Tanaman bernama latin Abrus precatorius itu mempunyai efektivitas ekspektoran yakni bisa memicu pengeluaran dahak serta memacu sekresi mukosa dari trakea atau melegakan tenggorokan

Daun Saga, secara tradisional sudah terbukti manjur untuk mengobati beberapa macam penyakit. Lebih khusus untuk mengobati penyakit gangguan pernapasan seperti batuk, tenggorokan serak, bronchitis, juga sariawan mulut dan panas.

Manfaat daun saga untuk batuk

Ada dua cara menggunakan daun Saga untuk mengobati batuk yaitu:
- rebus dan minumlah air rebusannya
- peras daun saga yang sebelumnya telah direndam dengan menggunakan air panas.
Namun, jika dirasakan ingin mendapat khasiat lebih manjur, sebaiknya gunakan cara kedua.

Untuk membuat ramuan minuman dari rebusan daun saga saat mengalami gangguan pernapasan dan batuk, Anda cukup mengambil beberapa lembar daun lalu direbus saja dan air rebusannya diminum. Kalau ingin rasa yang beda bisa ditambah madu atau perasan jeruk nipis.

Untuk cara yang ke dua, lebih jelasnya begini :
– Siapkan satu genggam daun saga lalu cuci bersih
– Rendam dalam air panas
– Setelah hangat, peras daunya hingga mengeluarkan cairan hijau pekat
– Minum sehari sekali selama sakit

Daun yang tumbuh merambat dengan biji berwarna jingga kemerahan itu cukup ampuh menghentikan batuk dan gatal tenggorokan.

Jika seandainya Anda merasa ribet harus buat ramuan sendiri, ada banyak pedagang yang menyediakan obat batuk dari daun Saga siap konsumsi. Seandainya Anda mau, silahkan baca informasinya di bawah ini :

Itulah sedikit informasi tentang manfaat daun Saga untuk batuk. Nantikan pula artikel tentang khasiat daun saga untuk radang tenggorokan, amankah daun saga untuk bayi, kumpulan khasiat daun saga, daun saga untuk bayi 4 bulan, nama lain daun saga, daun saga beracun dan bentuk daun saga.

Sumber :
http://www.solopos.com/2012/09/11/obat-herbal-daun-saga-redakan-batuk-dan-gangguan-tenggorokan-327414

Tag : manfaat daun saga
Back To Top