Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah Jerawat


Manfaat daun sirih untuk wajah - Memiliki wajah cantik adalah impian bagi setiap wanita. Berbagai cara telah dilakukan untuk merawat wajah agar tetap terlihat cantik. Dari semua anggota tubuh, wajah adalah yang paling dimanjakan. Karena wajah adalah bagian tubuh yang paling penting dalam hal penampilan, maka jangan heran jika wajah sering dimanjakan.

Wajah adalah salah satu anggota tubuh yang rentan terhadap berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, bintik hitam, keriput dan tanda penuaan lainnya. Untuk mengatasi semua itu, perlu perawatan secara alami. Daun sirih bisa dipilih untuk digunakan sebagai obat alami yang merawat kulit wajah.

Daun sirih mengandung antioksidan  dan flavonoid yang bermanfaat bagi kulit, terutama kulit wajah. Karena itu daun sirih mampu mengelupaskan kulit mati yang bisa menyebabkan keriput, kusam dan kasar pada kulit.

Selain itu, daun sirih memiliki khasiat yang sangat tinggi. Berikut beberapa khasiat daun sirih untuk kesehatan wajah:

Bisa menghaluskan kulit kasar
Daun sirih memiliki khasiat dalam menghaluskan kulit kasar. Dengan menggunakan daun sirih secara teratur maka diyakini bisa membantu mengatasi masalah kulit kasar. Caranya, Anda harus menyiapkan lima lembar daun sirih yang masih segar, lalu ditumbuk dan campurkan dengan satu sendok teh madu alami. Oleskan pada wajah Anda dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian cuci muka dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara teratur yaitu dua kali seminggu selama satu bulan. Anda akan mendapatkan kulit yang halus dan terlihat sehat dan bercahaya.

Mengatasi luka bakar
Luka bakar ringan bisa diobati dengan menggunakan daun sirih. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih. Uleni daun sirih, tambahkan sedikit madu organik. Kemudian tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar. Daun sirih dan madu bisa menenangkan rasa sakit pada luka bakar dan juga meminimalkan peradangan. Metode ini luar biasa efektifnya walaupun sederhana.

Bisa mengatasi kulit berminyak
Untuk mengurangi kadar minyak berlebih di wajah Anda ini, gunakan ramuan daun sirih untuk mengatasinya. Caranya sama dengan membuat ramuan untuk mencerahkan kulit kusam, yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirih dengan air 1 liter. Tunggu beberapa saat sampai air menjadi hangat dan berbau daun sirih. Cucilah muka dengan air itu dan lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur. Dengan demikian jumlah minyak pada kulit Anda akan perlahan berkurang.

Meningkatkan kecantikan secara umum
Ada dua cara untuk mencampur ramuan dalam mendapatkan manfaat daun sirih merah untuk kecantikan.

Cara pertama,  rebuslah 3 sampai 5 lembar daun sirih merah sampai matang. Lalu air rebusan dituangkan ke dalam gelas dan minum secara teratur setiap hari. Dengan demikian, kecantikan Anda akan selalu terjaga dan Anda tidak perlu lagi menggunakan kosmetik atau bahan kimia lain untuk memberi perlindungan bagi kulit cantik Anda. Ada cara lain selain minum, yakni dioleskan secara topikal ke kulit.

Cara kedua, siapkan dua lembar daun sirih merah yang kemudian harus Anda tumbuk dengan air sampai merata. Setelah itu, oleskan secara merata ke wajah Anda. Biasanya banyak wanita berpikir bahwa aura kecantikan bisa didapat dari wajah, maka jangan ragu untuk menerapkan daun sirih merah yang telah Anda tumbuk secara merata ke wajah Anda. Setelah beberapa saat, bilas dengan air untuk menyelesaikan proses akhir menjaga kecantikan wajah. Sekarang, Anda telah mendapatkan wajah cantik dan juga bersih. Keindahan alam inilah yang akan memberi Anda daya tarik tersendiri bagi semua orang.

Efek daun sirih untuk wajah

Mencerahkan kulit kusam
Bagi Anda yang memiliki kulit kusam, daun sirih bisa mencerahkan kulit Anda yang kusam. Caranya, siapkan 10 lembar daun sirih lalu direbus dengan 1 liter air. Tunggu beberapa saat sampai rebusan daun sirih terasa hangat. Kemudian cuci muka dengan rebusan daun sirih dengan melakukannya secara teratur dua kali seminggu, maka kulit Anda secara tidak langsung akan bersih dan bersinar. Jangan lakukan itu secara berlebihan. Jika kelebihan akan menyebabkan efek buruk pada kulit Anda.

Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan daun sirih

Sebelum anda mengetahui berbagai macam cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan jerawat, maka pertama-tama anda perlu untuk mengetahui berbagai macam manfaat daun sirih untuk menghilangkan jerawat. Dengan penjelasan dibawah ini, Anda akan mengetahui aneka macam khasiat daun sirih khususnya untuk jerawat.

  • Daun sirih kaya akan kandungan antioksidan yang membuat daun sirih ini dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat menghambat pertumbuhan serta peradangan dari bakteri penyebab jerawat.
  • Daun sirih bersifat sebagai anti-bakteri, ini artinya bahwa daun sirih ini amat ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat dan sangat bermanfaat sebagai cara menghindari jerawat dari kulit anda.
  • Daun sirih memiliki kandungan senyawa bernama Chevicol, dimana senyawa ini dapat secara ampuh menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sehingga bakteri ini tidak dapat mengiritasi kulit anda.
  • Daun sirih berperan sebagai agen eugenol, ini artinya bahwa daun sirih bersifat sebagai anti-jamur. Sifat anti-jamur yang dimiliki oleh daun sirih ini akan sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel yang dapat menimbulkan jerawat parah di kulit anda.
  • Daun sirih pun berperan sebagai antiseptik alami, ini artinya daun sirih bisa dipakai untuk membasmi berbagai macam bakteri yang akan menyebabkan jerawat dan flek hitam di wajah anda. Bahkan, menurut suatu penelitian, kandungan antiseptik pada daun sirih ini memiliki tingkat keefektifan 5 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan fenol biasa. Maka tak heran kalau daun sirih itu dianggap sebagai salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk berperan sebagai cara mencegah flek hitam wajah secara alami.

Jerawat bisa diobati dengan menggunakan daun sirih. Caranya, gunakan daun sirih 8-10 lembar, lalu peras dan remas sampai halus. Selanjutnya diseduh dengan air panas sampai air berubah warna. Kemudian, cuci muka dengan menggunakan air daun sirih itu. Lakukan 2-3 kali sehari secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

Daun sirih untuk jerawat meradang

Bisa juga dengan resep yang kedua, sediakan daun sirih merah sebanyak 10 lembar, cuci bersih, lalu dilumatkan dengan halus. Campur daun sirih merah yang telah disuling dengan air panas. Tunggu beberapa saat sampai air menjadi hangat dan gunakan untuk mencuci muka. Lakukan cara ini 2 kali sehari. Anda akan melihat bahwa jerawat Anda akan segera hilang.

Review daun sirih untuk jerawat

Selain menggunakannya sebagai pencuci muka, Anda juga bisa mengkonsumsinya untuk penyembuhan jerawat dari dalam tubuh. Sediakan 12 daun sirih merah dan sepotong jahe, lalu kupas dan cuci bersih. Anda hanya menyeduh kedua bahan itu dengan air mendidih atau direbus dengan menggunakan 4 gelas air dan biarkan mendidih. Jika sudah tersisa 2 gelas, segera matikan kompor anda. Tunggu beberapa saat sampai airnya hangat. Satu cangkir air rebusan bisa anda konsumsi rutin 1-2 kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Ramuan ini juga bagus untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih hijau

Resep lainnya, ambil 4-5 lembar daun sirih, lalu rebus dalam 250 ml air atau sebanyak secangkir sampai mendidih. Periksa apakah daun sudah layu dan air berwarna coklat, jika sudah berarti airnya sudah bisa digunakan. Jika sudah, tunggu sampai air rebusan tidak terlalu panas, tapi jangan menunggu sampai air rebusan menghangat. Setelah itu, ambil handuk bersih lalu kompreslah wajah Anda dengan air rebusan itu atau bisa juga berupa daun yang telah direbus tadi di tempelkan di wajah Anda. Kemudian gunakan handuk kering bersih untuk membersihkan dan keringkan wajah Anda. Dengan cara ini, jerawat secara bertahap akan hilang dalam 3-5 hari.

Masker daun sirih untuk jerawat

Cara lain untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun sirih adalah dengan cara menumbuknya. Cara ini sangat praktis dan tidak memakan waktu lama, dan juga dapat menghilangkan jerawat maupun bekasnya secara cepat. Tumbukan daun sirih ini digunakan sebagai masker alami untuk wajah berjerawat.

Caranya, siapkan 10 helai daun sirih, ditambah dengan 1 gelas air hangat, dan juga sedikit garam halus. Setelah bahan-bahan diatas terkumpul, maka anda bisa langsung menumbuk daun sirih tersebut hingga halus. Setelah halus, tumbukan tersebut bisa dituangkan ke air hangat. Tunggu hingga air berubah menjadi hijau. Saring air tersebut, dan kemudian campur dengan sedikit garam halus. Aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian aplikasikan ramuan tersebut ke area kulit anda yang terkena jerawat, tunggu hingga sekitar 1 jam. Setelah 1 jam, segera cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran ini sekali setiap hari.

Saya kira cukup dulu beberapa informasi tentang manfaat daun sirih untuk wajah. Nantikan pula informasi lain tentang kegunaan daun sirih untuk keputihan dan manfaat daun sirih untuk wajah bopeng.

Tag : daun sirih
Back To Top