Cara Memasak Daun Gedi


Bagaimanakah cara memasak daun gedi ? Gampang banget. Anda cukup mengetahui resep bagaimana cara mengolah daun gedi menjadi menu masakan sehari-hari. Berikut ini Saya tampilkan beberapa resep memasak atau mengolah daun gedi.

Resep Sayur Bening Daun Gedi 
Bahan :
- 5 daun gedi
- 1 siung bawang merah, diiris
- 1/2 buah jagung, disisir
- garam secukupnya

Langkahnya, rebus bawang dan jagung sampai matang. Lalu masukkan daun gedi dan garam. Jangan menunggu lama masaknya dan jangan diaduk, sebab kalau Anda mengaduknya, ada lendir keluar dari daun gedi. Angkat dan sajikan.

Bubur Jagung Gedi
Bahan
- 1 1/2 cangkir beras
- 3/4 ukuran rice cooker untuk air
- 2 buah jagung manis (pipil)
- 1 genggam daun katuk muda
- 5 daun gedi muda
- 1/4 udang segar (dikupas)
- 1 sendok teh lada halus
- 1 sdt royko
- 1 sendok makan garam (sesuai selera)

Bumbu:
- 5 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 cm jahe (cincang halus)
- 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Langkahnya, masaklah nasi di penanak nasi dan jangan tutup. Saat dimasak kita bisa menumis. Panaskan minyak lalu tumis dulu jahe yang sudah di bubur dan taruh bawang dan bawang putih (geprek dan cincang halus) biarkan hingga kuning lalu angkat.

Dan masukkan ke dalam bubur yang setengah matang dan masukkan semua bahan lainnya termasuk lada dan garam (sesuai selera). Jika masih kurang air , maka dapat ditambahkan, sering diaduk sampai rata.

Oseng Daun Gedi
Bahan :
- 1 tandan daun gedi
- Sejumlah ikan teri
- Segenggam udang rebon
- 9 biji cabai rawit
- 3 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- garam dan penyedap
- minyak goreng yang cukup

Langkahnya, siangi daun gedi lalu mengirisnya. Juga iris bumbunya. Panaskan minyak goreng, lalu goreng ikan teri dan udang rebon. Sisihkan di tepi panci dan tumis bumbu sampai harum. Tambahkan garam dan perasa. Masukkan daun gedi yang telah dicuci. Aduk sampai layu. Rasakan. Angkat. Sajikan.

Sosis Gulung Ayam Daun Gedi
Bahan
- 1 sosis ukuran besar
- 1 potong fillet ayam
- 4 lembar daun gedi
- 1/2 sdt saus tiram
- merica dan garam secukupnya
- mentega secukupnya
- mayones
- benang untuk mengikat

Langkahnya, pukul-pukul ayam fillet sampai melebar. Taburi dengan saus tiram, garam dan merica, diamkan hingga 3 menit. Biarkan dia meresap. Rebus daun gedi sampai lunak, kira-kira 5 menit karena teksturnya agak keras seperti daun singkong. Setelah empuk, peras airnya dan iris tipis.

Isi fillet ayam yang dibumbui dengan daun sosis dan gedi lalu gulung dan ikat. Goreng dengan mentega hingga ayam matang. Lepasin benang dan potong. Sajikan dengan mayones dan beberapa sayuran.

Sayur Gedi Kuah Santan Aroma Ikan Roa
Bahan :
- 5 daun gedi
- 5 tahu kuning dipotong 2
- 2 ikan roa asap, hilangkan tulang, kulit dan ekornya
- 1/4 bagian daun kubis
- 2 daun jeruk
- 2 daun salam
- 2 batang serei
- 1 bungkus santan
- 500 ml air

Bumbu halus :
- 10 buah cabai merah. jika Anda tidak suka pedas, kurangi saja
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 jari kunyit
- 1 jari jahe

Langkahnya, ambil daun gedi dari batangnya dan cuci bersih. Tumis bumbu, tambahkan serai, daun jeruk, daun salam dan tambahkan daging dan kepala ikan bakar asap dari tulang, isi perut, kulit dan ekor. Berikan 500 ml air.

Masukkan tahu, daun kubis, daun gedi dan santan. Masak sampai mendidih. Tambahkan bumbu Royco, garam dan gula. Periksa rasanya. Sayur Gedi siap disajikan.

Itulah beberapa cara dalam memasak daun gedi menjadi beberapa menu masakan yang enak dan mantap sehingga yang mengkonsumsi bisa merasakan bagaimana manfaat daun gedi tersebut. Dianjurkan untuk mengikuti instruksi cara memasaknya dengan benar agar kita terhindar dari bahaya daun gedi yang tata cara masaknya salah.

Tag : daun gedi
Back To Top