Khasiat Daun Saga Untuk Radang Tenggorokan


Seseorang yang pernah mengalami penyakit radang tenggorokan mungkin sudah merasakan sendiri bagaimana ciri-ciri radang tenggorokan. Menderita radang tenggorokan tentunya sangat menyiksa dan dapat mengganggu aktifitas.

Radang tenggorokan sering dijumpai di masyarakat dan dapat dialami oleh siapa saja mulai dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Radang tenggorokan merupakan penyakit ringan tetapi pada keadaan tertentu dapat menjadi sangat berbahaya karena keganasan kuman yang menjadi penyebab radang tenggorokan dan dapat juga menjadi penyebab komplikasi penyakit lain. Jadi jangan menyepelekan terjadinya radang tenggorokan, lakukan pengobatan dini agar penyakit tidak bertambah parah.

Baca juga : Khasiat Daun Saga untuk Bayi

Khasiat daun saga untuk radang tenggorokan

Banyak cara pengobatan secara dini yang dapat dilakukan untuk mengobati radang tenggorakan. Pengobatan secara herbal dengan daun saga mungkin dapat menjadi solusi bagi seseorang yang menderita radang tenggorokan. Daun saga menyerupai pohon petai yang memiliki biji kecil bewarna merah dan biasa dijumpai di sekitar pengarangan rumah yang digunakan untuk obat-obatan.

Banyak kandungan protein dan vitamin yang terdapat di daun saga, tidak hanya itu manfaat lain dari daun saga juga banyak untuk kesehatan tubuh. Daun saga mengandung protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisrizin, flisirizinat, ploygalacturomic acid dan pentosane. Selain untuk mengobati radan tenggorokan daun saga juga dapat mengatasi batuk kering, mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan gatal.

Radang tenggorokan memang terlihat sepele namun pada kenyataannya hal ini sangatlah mengganggu kesehatan serta dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Melakukan pengobatan secara dini sangatlah diperlukan untuk mencegah bertambah parahnya penyakit radang. Pengobatan herbal dengan menggunakan daun saga dapat menjadi pilihan untuk mengobati radang tenggorokan yang dialami.

Kandungan senyawa dalam daun saga bisa memicu pengeluaran dahak dan melegakan tenggorokan. Daun saga, secara tradisional sudah terbukti menujur untuk mengobati beberapa macam penyakit. Lebih khusus untuk mengobati penyakit gangguan pernapasan seperti batuk, tenggorokan serak, bronchitis, juga sariawan mulut dan panas. Daun yang merambat tumbuhnya dengan bentuk biji yang berwarna oren kemerahan ini lumayan ampuh dalam meyetop batuk dan gatal tenggorokan.

Untuk obat batuk, radang tenggorokan dan panas dalam, cara membuat obatnya yaitu ambil daun saga secukupnya kemudian remas-remas dan peras airnya kemudian diminum airnya. Rasanya itu manis, manisnya khas banget, nempel banget, ada rasa-rasa daunnya.

Jika Anda tidak bisa menemukan daun saga, banyak toko online yang menjual daun naga instant dalam bentuk kapsul yang siap minum sehingga praktis dikonsumsi.

Tema lainnya yang sering dicari :
- daun saga untuk amandel

Sumber :
http://bogornews.com/berita-manfaat-daun-saga-untuk-mengobati-radang-tenggorokan.html
http://www.solopos.com/2012/09/11/obat-herbal-daun-saga-redakan-batuk-dan-gangguan-tenggorokan-327414
https://tenggoro.blogspot.co.id/2016/04/obat-radang-tenggorokan_23.html

Back To Top