Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan


Daun pada tanaman saga memiliki kandungan antoksidan, saponin, flavonoid, polifenol, tamin, dan alkaloid. Selain itu kandungan daun saga yang sama dengan kandungan pada akar saga yaitu protein, Vitamin A, C, B1, dan B6, kalium oksalat, glisirizin, flisirizinat, poligalacturomic acid dan pentosan. Dari kandungan tersebut sudah jelas memang jika daun saga memiliki khasiat tersendiri dalam hal kesehatan.

Manfaat daun saga untuk kesehatan

Daun saga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan beberapa penyakit diantaranya :

Mengobati batuk
Ada dua macam batuk yang dapat diobati dengan menggunakan daun saga yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Untuk menciptakan segelas ramuan daun saga sebagai obat batuk, Anda tinggal menyiapkan beberapa lembar daun saga, kayu manis, daun asam,  dan juga air 2 gelas. Rebus semua bahan yang sudah siap sampai mendidih hingga isinya berkurang. Kemudian setelah disaring, air rebusan dibuang ampasnya dan ambil airnya masukan ke dalam gelas. Tiriskan dan diamkan hingga dingin lalu minum secara teratur setiap hari setengah gelas sehari.

Untuk mengobati batuk kering, caranya siapkan daun saga manis, buah pace mateng, dan daun po'o. Tumbuk halus lalu rebus dengan 4 gelas air. Saring dan minumlah airnya.

Mengobati Peradangan Mata
Segenggam daun saga halus kemudian direbus dengan 2 gelas air dan diambil uapnya dan kemudian digunakan untuk obat tetes mata.

Mengobati Sariawan
Ambil daun saga, keringkan di bawah sinar matahari beberapa menit lalu kunyah sampai halus dan berkumur. Selain itu ada cara kedua yaitu membuat obat kumur alami dengan daun saga. Rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air matang untuk berkumur 2-3 kali sehari.

Mengobati panas dalam
Ambil sekitar 10-15 batang daun saga, lalu cuci bersih-bersih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan airnya hanya tersisa setengahnya. Tunggu sampai mendingin dan saring dan minum teratur sekali sehari untuk meringankan panas.

Mengobati jantung berdebar-debar dan berkeringat dingin
Caranya, ambil 8 gram daun saga manis dan 10 gram daun sembung. Sebnyak 5 gram kencur ditambahkan saja kemudian direbus dengan 400 ml air. Minumlah segera ramuannya.

Mengobati tekanan darah tinggi
Cara membuat ramuannya, siapkan daun saga manis, daun selamagi, daun kaki kuda, buah waluh putih, dan daun kejibaling. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring dan minum airnya.

Mengobati bronkitis
Caranya adalah dengan merebus 15 potong daun saga baru yang dipetik dari pohon dengan 500 ml air. Rebus sampai airnya hanya tersisa sekitar 250 ml. Cukup minum air rebusan ini 1 kali sehari.

Mengobati penyakit kuning
Siapkan beberapa helai daun saga, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas. Setelah itu saring air hasil rebusan tersebut dan minum di pagi dan sore hari. Kandungan glukosa dalam daun saga akan memberikan nutrisi tambahan untuk menormalkan kembali fungsi hati.

Menambah nafsu makan 
Daun Saga mengandung vitamin B yang berguna dalam meningkatkan nafsu makan anda. Cobalah memasak nasi dengan memasukkan beberapa helai daun saga saat nasi benar-benar matang. Diamkan nasi beserta daun saga selama sekitar 10 menit, kemudian gunakan daun saga tersebut sebagai pelengkap hidangan.

Selain manfaat diatas, berikut merupakan manfaat lain daun saga untuk kesehatan :
- Menyembuhkan sakit gigi
- Menyembuhkan radang tenggorokan
- Mengatasi masalah jerawat
- Mengobat sesak nafas
- Melancarkan sistem peredaran darah
- Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Artikel lainnya :
- manfaat daun saga untuk batuk
- khasiat daun saga untuk bayi
- manfaat daun saga untuk kecantikan

Sumber :
http://www.alamsehat.com/manfaat-daun-saga/
http://www.indonews.co.id/1000-macam-manfaat-daun-saga-bagi-kesehatan/
http://cintaihidup.com/listicle/44183

Tag : manfaat daun saga
Back To Top